Solusi Memilih Lumens Proyektor Untuk Acara Anda

Saat ingin menyewa sebuah proyektor di xclusivmedia pusat persewaan multimedia, tim xclusiv kerap kali bertanya “mau yang berapa lumens Pak/Bu?”. Meskipun bukan suatu kewajiban untuk memberikan jawaban yang benar dan valid, namun jawaban yang Anda berikan akan menentukan pilihan proyektor yang sesuai dengan kebutuhan. Proyektor yang digunakan untuk ruangan presentasi di perusahan kecil yang bertempat di ruko tidaklah sama dengan ruangan presentasi perusahaan multi nasional yang ukurannya bisa jauh lebih besar. Semakin besar sebuah ruangan, maka kebutuhan kekuatan pencahayaan sebuah proyektor juga semakin besar. Disinilah nilai lumens dimanfaatkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan tersebut.



PENGERTIAN ANSI LUMENS
Lumens adalah satuan terang gelapnya cahaya. Semakin besar lumens maka semakin terang cahayanya. Satuan flux cahaya; flux dipancarkan didalam satuan unit sudut padatan oleh suatu sumber dengan intensitas cahaya yang seragam satu candela. Satu lux adalah satu lumen per meter persegi. Lumen (lm) adalah kesetaraan fotometrik dari watt, yang memadukan respon mata “pengamat standar”. 1 watt = 683 lumens pada panjang gelombang 555 nm.
Dalam dunia proyektor pasti sangat familiar anda mengenal yang namanya ANSI Lumens . nah di kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang ANSI Lumen. Standar pengukuran kuat cahaya yg dihasilkan oleh suatu proyektor, dikeluarkan oleh American National Standards Institute. Makin tinggi ANSI lumen, maka tampilan gambar proyektor akan semakin terang.
Lalu, apa itu lumens? Lumen merupakan sebuah satuan penghitungan kekuatan cahaya, dimana 1 lumen sama dengan kekuatan cahaya yang dihasilkan dari sebuah lilin dan ditangkap pada jarak satu kaki (30.48 cm). Sebuah lampu pijar 100 watt memiliki kekuatan 1600 lumens, sementara sebuah proyektor presentasi rata-rata memiliki kekuatan 2000 lumens.

RUMUS ANSI LUMENS
Lumen = Lux x m2
Lumen = Kuat cahaya rata-rata yang diterima oleh suatu bidang.
Lux = Kuat cahaya yang diterima oleh suatu titik
m2 = luas bidang / tampilan gambar di layar

Lumen selalu tetap, walaupun besar Layar berubah-ubah.
Semakin kecil layar, Lux makin besar, sehingga gambar tampak lebih terang
Semakin besar layar, lux makin kecil, sehingga gambar tampak lebih redup.
Semakin tinggi Lumen, Lux makin besar, sehingga gambar akan semakin terang.

MEMILIH LUMENS YANG TEPAT UNTUK RUANGAN
Pastikan kekuatan lumens proyektor yang Anda pilih sesuai dengan ukuran ruangan yang juga akan berpengaruh kepada jumlah audiensnya. Jika audiensnya banyak dan ruangannya besar, carilah proyektor dengan kekuatan lumens tinggi (5000-8000). Namun jika audiensnya sedikit dan ruangannya juga kecil, maka proyektor dengan kekuatan lumens tingkat menengah (2600-4000) sudah cukup. Namun yang paling ditekankan adalah besar kecil ruangannya termasuk tinggi dan lebar ruangan yang cocok untuk layar yang akan digunakan. 

CONTOH EVENT
Berikut merupakan beberapa event yang pernah Xclusivmedia support menggunakan proyektor yang sama, namun dengan kondisi ruangan yang berbeda. Terlihat jelas bahwa ruangan yang ada juga mempengaruhi kualitas gambar hasil sorotan proyektor meskipun dengan kualitas dan layar yang sama ukurannya.
1. Adelia Cafe Bojonegoro


Pada gambar tersebut xclusivmedia menggunakan proyektor 5000 Lumens untuk screen 2x3 meter yang berlokasi di Adelia Cafe Bojonegoro. Terlihat bahwa ruangan tersebut memiliki intensitas cahaya yang cukup terang, sehingga cahaya yang dihasilkan proyektor kurang terang.

2. Mahameru Diponegoro Surabaya

Dalam foto ini sama halnya di Adelia Cafe, xclusivmedia memakai proyektor 5000 Ansi Lumens untuk screen 2x3 meter yang belokasi di Mahameru Diponegoro Surabaya. Dari foto tersebut terlihat bahwa ruangan telah tertutup dengan kain sehingga cahaya lampu tidak langsung masuk. Sehingga dapat dipastikan kualitas gambar yang dihasilkan proyektor menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3. ArcieExpo at Pakuwon Trande Center

Pada foto di atas xclusivmedia menggunakan proyektor 5000 Ansi Lumens dengan Layar Rear 2x3 meter serta proyektor disorot dari belakang. Terlihat jelas perbedaan kualitas gambar yang dihasilkan oleh proyektor yang sama dengan media yang sama dengan ruang yang berbeda intensitas cahayanya. Telebih lagi pada foto ini, proyektor disorot dari belakang yang notabene kualitas gambar akan turun 25% (nanti akan kami jelaskan).

MENYIASATI RUANGAN
Jika Anda akhirnya harus memilih proyektor dengan lumens yang kurang dari kebutuhan, maka beberapa hal berikut ini patut dilakukan untuk menyiasati keadaan:
1. Gelapkan ruangan agar tampilan proyektor lebih jelas.
2. Gunakan screen khusus yang lebih baik ketimbang tembok ruangan.
3. Gunakan kartu grafis komputer yang tinggi agar tampilan lebih tajam.
4. Perkecil tampilan proyektor (kurangi jarak dengan screen) untuk mendapatkan cahaya yang lebih terfokus.


SUMBER

Contact Us


Related Items